Kajian Bulan Desember : Konsep Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

Kajian Bulanan yang diselenggarakan oleh Kabinet Perjuangan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STAI Kharisma Cicurug yang diampu oleh Departemen Politik, Hukum dan HAM pada edisi bulan desember ini telah dilaksanakan pada tanggal 21 desember 2019. 

Kajian Bulanan yang kemudian disebut KABUL ini mengusung tema Konsep Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Hal ini dikaitkan dengan berbagai wacana Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) dalam melakukan perubahan-perubahan besar dalam dunia pendidikan. 
Kajian kali ini dimoderatori oleh Angga Maulana sekaligus Wapresma STAI Kharisma, dengan pemateri Ade Ismatullah. 

Sebagai kampus yang bergelut di dunia pendidikan atau fakultas tarbiyah, tentu akan sangat menarik jika pembahasan isu-isu tentang dunia pendidikan dijelaskan dan di diskusikan bersama. Oleh karenanya, mendalami konsep pendidikan yang harus diterapkan di era revolusi industri 4.0 ini perlu dilakukan.

Revolusi industri, ditandai dengan adanya perubahan besar dalam dunia tekhnologi yaitu dimana dunia berada dalam genggaman umat manusia. Undroid salah satu yang digadang-gadangkan sebagai sistem tekhnologi terkini dengan akses internet yang supercepat sehingga setiap manusia dapat mengakses apapun hanya dalam genggamannya. 

Berbagai aspek kehidupan kini lebih mudah dan simple dengan adanya perubahan-perubahan tersebut oleh karenanya, dunia pendidikan juga perlu adanya perubahan. Pendidikan harus mampu berintegrasi dengan zaman sehingga memudahkan orang-orang untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut. 

Selain itu, pendidikan karakter juga masih jadi pembahasan yang sangat penting. Bagaimana, perubahan dalam dunia tekhnologi dapat membentuk karakter manusia yang lebih beradab. Oleh karenanya, harus ada upaya agar pendidikan karakter di era revolusi industri 4.0 ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.



EmoticonEmoticon