Review Pena Kampus 2020 (24 April 2020) Membaca itu Asyik

Mungkin kawan-kawan setuju bahwa membaca dan menulis merupakan satu kesatuan (entitas) yang tidak bisa dapat dipisahkan. Jangan, sampai kita mengaku penulis tetapi lemah sekali dalam hal membaca. Oleh karenanya, membaca merupakan sebuah wujud usaha menambah wawasan mengenai konten-konten yang akan kita tulis. 

Sadar akan pentingnya membaca harus mampu membuat kita harus memiliki skill, atau kemampuan dalam memanajemen diri dalam membaca. Mau tahu bagaimana cara menemukan momentum membaca dengan asyik. Berikut ini kita akan mereview kegiatan Pena Kampus 2020 dengan tema bagaimana membaca dengan asyik. Dengan pemateri yaitu M. Iftikar Ikhdza Labaika yang merupakan seorang mahasiswa Universitas Padjajaran dan anggota FLP Kabupaten Sukabumi. 

Mari kitas simak hal-hal yang disampaikan oleh pemateri dari WAG Pena Kampus 2020. 


Assalamualaikum Wr. Wb, halo, teman-teman. Selamat sore dan salam kenal, ya, sebelumnya. Terima kasih kepada Kang Sule sudah memberikan waktunya. 🤭🤭 Perkenalkan, saya Ikal, anggota FLP Kab. Sukabumi. Sekarang masih jadi mahasiswa di salah satu Univ di Jatinangor. Insya Allah, kali ini saya diberi kesempatan sharing soal "membaca itu asyik" dengan teman-teman sekalian.
Sebelumnya, mungkin saya tidak memberikan tips and trik secara teknis bagaimana seharusnya kita membaca. Di sini saya hanya mau sharing pengalaman kenapa saya menyukai kegiatan membaca yang sudah menemani saya bertahun-tahun lamanya.
Bagi sebagian orang, membaca barangkali jadi hal yang menyusahkan, merepotkan, buat apa sih, atau kebanyakan dari kita bisa jadi jauh dari salah satu kegiatan ini. Nyatanya, indeks soal literasi kita sekarang berada diambang kekhawatiran, menempati posisi 60 dari 61 negara yang tersurvei, dimana, rata-rata orang Indonesia mampu mengkhatamkan buku satu dalam setahun. Miris, ya? 😭😭

Nah untuk kembali mendorong semangat membaca, saya mau share pengalaman saya dulu ketika pertama kalinya "jatuh" kepada buku-buku. Saya dulu tipe orang yang ogah-ogahan buat baca. Dulu waktu SMP sempet mikir kalo hal-hal berbau matematika itu adalah hal yang paling nyenengin yang pernah saya rasain. Sampai suatu ketika saya kenal Kang Sule dan saya tau juga kalo dia itu suka bikin cerita. Little secret, Kang Sule itu dulu suka nulis seabreg-abreg di buku folio. Nah waktu itu saya sempet mikir, kok ada ya orang yang bisa nulis sebanyak itu, tanya saya heran. Tapi waktu itu saya masih bodo amat.

Cerita mulai dari sini. Saya ngebayangin waktu itu keren juga ya orang yang bisa bikin buku, termasuk Kang Sule. Saya sadar betul waktu itu, saya punya sedikit keinginan buat nulis karena pengen juga punya karya kaya Kang Sule (walau untuk diri sendiri dulu juga gapapa deh).

Seiring waktu, bukannya kalo mau nulis itu harus baca buku? Tanya saya lagi. Sumpah, waktu awal-awal saya sempet merinding kalo denger kata "membaca", karena buat saya waktu itu, ngerjain soal matematika bisa lebih menyenangkan daripada itu. Jadi buat apa baca yang lain kalo matematika sendiri aja dah rame?

Ada satu kejadian ketika saya pergi ke Bogor buat nonton, untuk pertama kalinya di tahun 2012 saya masuk ke Gramedia. Ah, kalau masuk Gramedia, saya harus beli buku!! Itu pikiran pertama yang masuk ke otak saya. Tapi buku kayak gimana sih? tanya saya lagi.

Pelajaran pertama, cari apa yang kamu sukai terlebih dahulu.
Waktu itu saya lagi suka-sukanya sama apa-apa yang berbau Jepun. Jadi wajar kalo saat itu saya nyari tongkrongan di Gramedia yang ada buku Jejepunan. Kudu, wajib pokoknya mah!! 

Buku itu pada akhirnya adalah buku pertama yang saya baca sampai tuntas. Setelah baca, ternyata banyak hal yang selama ini saya tidak ketahui. Soal semangat manusia, soal perasaan manusia, dan bagaimana caranya menjadi tetap hidup, soal pengetahuan manusia, dan soal perspektif orang-orang.

Setelah mengkhatamkan satu buku itu, saya kembali terangsang untuk membaca buku-buku yang sejenis. Entah berapa buku yang saya khatamin soal itu, akhirnya saya juga agak nosan jadi pindah haluan ke genre yang lain.

Pelajaran kedua, berangkatlah dari keingintahuan.

Saat itu karena agak jenuh dengan genre novel romance dan buku-buku non-fiksi, saya juga ingin tahu bagaimana dengan genre-genre yang lain. Waktu itu saya nemu satu buku, Dunia Sophie karya Jostein Gaarder (pasti temen-temen tahu bukunya).

Dari sini lah saya jadi maniak buku filsafat karena di dalam buku itu, banyak sekali pengetahuan yang sama sekali gak saya tahu sebelumnya. Sempet geleng-geleng, kok bisa manusia bikin yang gini.  Akhirnya karena keingintahuan saya dengan ini lagi tinggi-tingginya, saya jadi semangat membaca buku-buku sejenis. Seperti buku-buku filsafat klasik, teologi, agama, dan sejarah. Waktu SMA, semakin hari saya jadi makin suka sama genre ini karena di sini banyak mancing keingintahuan saya terdapat sesuatu. Bahkan dulu juga sempet jarang main hp karena kecanduan baca sampai-sampai dalam 2-3 bulan, saya berhasil namatin seenggknya ada lebih 15 buku. Seneng udah, ingin tau juga sudah.
Pelajaran selanjutnya yang ketiga, jangan pernah merasa cukup dengan apa yang sudah kita dapatkan hari ini #tentu dalam konotasi yang positif
Menjelang kuliah, minat saya akan baca lumayan tinggi. Selama kurang lebih 3 atau 4 tahun itu, saya suka baca karena dua landasan; motif spiritual, dimana kita sebagai manusia punya satu ruang kosong dalam batin kita masing-masing, jadi harus diisi, dan gak apa-apa juga kalau itu melow. Wajar. Lalu landasan kedua, motif intelektual,  saya membaca semata-mata hanya ingin melihat "dunia" yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya. Jadi ketika ada hal-hal baru, itu membuat saya terangsang untuk mengetahuinya.
Then, ada pepatah, semakin kita tahu, semakin kita tidak tahu. Ditambah, waktu itu kebetulan saya inget apa kata Imam Syafi'i (kalo gak salah) tentang bagaimana pahitnya menanggung kebodohan. Ia yang tak belajar ya harus kuat menanggung pahitnya kebodohan.  Jlebb... Satu ketakutan saya muncul setelah baca itu.

Tapi bukan karena itu saya maksa diri saya buat kembali baca melainkan satu perasaan, "ingin tahu dan belum cukup" tentang banyak hal. Coba pikir, sejak kita lahir, berapa banyak hal-hal yang gak kita ketahui di dunia ini? Pasti banyak. Dan coba pikir sekali lagi, setiap jam, setiap menit, dan setiap detik ketika banyak ilmu baru yang muncul, kita masih aja di tempat kita sendiri. Di langkah yang sama, gak maju, kita masih aja di posisi kita yang saat ini. Coba bayangin, sudah seberapa tertinggalnya kita? Dari orang-orang, dan dari peradaban.

Di luar sana orang udah tau banyak, orang udah bikin penemuan baru, dan kita masih aja gak bisa jawab apakah matahari itu adalah gas atau plasma?

Di sini tentu saja berlaku pelajaran ketiga, jangan pernah merasa cukup dengan apa yang kita ketahui saat ini. Karena setiap saat, banyak hal-hal baru muncul dan kita melewatkannya begitu saja. Dan ketika kita dapet hal-hal baru, sungguh, itu menyenangkan, gak bohong. Secara gak sadar, itu juga jadi modal awal buat kita melangkah ke depan.

Dan terakhir, jangan lupa cari kawan yang suka sama "membaca", karena percayalah, kalau kita punya kawan-kawan yang  suka membaca, virus-virus itu biasanya nyebar sedikit demi sedikit dan akhirnya merangsang kita buat baca dari apa yang kita dengar dari kawan kita.

Mungkin segitu aja dulu dari saya soal mengawali dari empat poin penting agar suka pada membaca.
Sebagai penutup, ada quotes dari Mbak Nana; 

"Dari ribuan buku, pasti ada satu buku yang kamu sukai. Cari buku itu! Mari, jatuh cinta."

Selanjutnya kita diskusi
Pertanyaaan
assalamualaikum nama anwar syafei dari univ. Ibnu Chaldun Jakarta
bagaimana agar lebih jatuh cinta kepada buku karena saya suka beli buku tapi baca nya jarang sungguh penghianatan terbesar bagi saya mhon solusi nya ☺️🙏🏻 

Jawaban
Waalaikumussalam, halo Kang Anwar, sebelumnya saya juga pernah kayak gitu. Beli, tapi gak dibaca 🤭🤭🤭 tapi kalo sepengalaman yang pernah saya alami sih, saya nyoba luangin waktu dan saat itu saya komitmen, "Ikal, kamu sudah beli buku ini, dan seharusnya kamu baca." Energi-energi penghancur hoream ini kadang buat saya tergerak buat ngeraih buku yang belum sempet saya baca. Tapi kalo udah baca, biasanya ketagihan lagi sih. Atau cara lain, saya coba baca buku lain yang lebih ringan, yang lebih ngena, dan ketika energi itu dah cukup kekumpul, saya balik lagi ke "dia" yang sudah saya campakkan.

Pertanyaan
Mia izin bertanya.

Kak, itu kalau masalah pembagian waktunya bagaimana? Sepengalaman saya. Kalau udah baca novel romantis (mon maaf bacaan saya emang bebau beginian) suka bablas. Lupa makan segala hal, kadang solat klau nggak diingetin orngtua ya kayakny nggak solat gitukan.

Terus, supaya minat baca saya itu bertambah ke Genre lain itu bagaimana gitu kak. Sementara bacaan saya dari dulu seputar itu, sulit banget. Soalnya apa yang saya suka itu ya halusinasi adanya di novel2 gitu kan genre romantis. Haha

Terus pesan dari kak Nana itu. Bener emang, tapi bahayanya saya itu jdi susah banget baca buku-buku yang agak serius gitu mas. Kayak buku sejarah atau buku-buku yang menunjang pendidikn yang saya tempuh. Nggak nyambung banget kan saya jurusan PAI sukanya baca novel romantis 🌚 

Jawaban
Halo Mia, salam kenal. Buat pembagian waktu, saya sih biasanya punya jadwal sendiri. Ini soal disiplin waktu biar gak kebablasan. Sesekali saya biasanya cek hp buat liat jam, atau paling enggk saya suka ngira-ngira kalo nympe bab sekian, saya bisa selesai jam berapa. Gak apa-apa sih kalo digaspol juga namatin buku seharian, tapi kita juga butuh jeda buat waktu yang lain.

Dan waktu jeda ini saya pake buat sholat, makan, mandi, dll. Disiplin waktu itu juga penting. Dan soal pindah genre, coba deh kalo romance, cari yang romance psikologi, atau romance sejarah, atau apa pun itu. (saya bahkan lagi nyoba romance-climate).

Nah di buku campuran genre kayak gitu biasanya ada beberapa bagian yang ngejurus ke hal-hal yang nantinya ke genre lain biasanya. Itu celah yang bisa masukin buat nyoba ke genre lain dengan syarat, biasanya lebih mudah kalo diawali dari suka.

Pertanyaan
Biasanya timing membaca yang paling efektif dilakuka kapan sih?

Jawaban
Menurut saya sih ini soal golden time-nya masing-masing. Gak ada rumus paling efektif. Ada yang suka baca malem, sementara yang lain pagi, atau menjelang sore. Nah ini sih gak agak sulit tuh, menemukan golden timenya sendiri. Golden time itu bisa diartikan sebagai waktu yang paling nyaman

Bagaiman kawan-kawan? sudah menemukan cara-cara untuk memulai membaca buku dengan asyik? Jadi tunggu apalagi segera baca bukumu!

1 komentar:


EmoticonEmoticon